050263200_1504791451-WhatsApp_Image_2017-09-07_at_20.08.45.jpeg

Berkunjung ke Cirebon pasti kurang pas tanpa menyicipi sajian empal. Terletak di kawasan Tuparev, restoran ini menyajikan makanan khas Cirebon yang sudah 23 tahun berdiri. Inilah Empal Gentong H.

Buka dari pukul 10 pagi hingga 10 malam, Empal Gentong H.Apud menyajikan kuliner khas Cirebon yang sayang bila dilewatkan. Mulai dari Empal Gentong, Empal Asem, Sate Kambing, hingga sajian spesial Nasi Lengko. Namun banyak perdebatan yang terjadi dengan Empal Gentong yang spesial Cirebon, karena memiliki dua rasa yang berbeda.

Empal Gentong sendiri merupakan sajian khas yang menggunakan kuah santan. Nantinya daging sapi dari berbagai bagian mulai dari daging has, kikil, jeroan, hingga lidah dan mulut sapi, direbus hingga menghasilkan kaldu sapi yang nikmat didalam gentong dengan api dari kayu bakar. Setelah direbus 4 jam, barulah kaldu sapi ini dicampur dengan bumbu Empal Gentong serta santan dan disajikan.

Berbeda dengan Empal Gentong, Empal Asem dari Cirebon ini memiliki kuah yang berbeda. Selain tidak menggunakan santan, empal ini menggunakan racikan belimbing wuluh sebagai sumber rasa asam. Hasilnya? Kuah berwarna lebih bening dan tidak memiliki banyak minyak layaknya Empal Gentong.

Advertisements