HGFHFGFGF.JPG

Toge goreng satu ini dapat digolongkan sebagai makanan legendaris di Bogor, Jawa Barat. Dibuka sejak 1970, Toge Goreng Haji Omah tak pernah sepi pelanggan.
Bahkan baru-bari ini Toge Goreng Haji Omah sempat diboyong ke Istana Bogor oleh Presiden Joko Widodo saat rapat kabinet paripurna di awal tahun 2017.

Terletak di Jalan Jendral Sudirman nomor 23 A, tepatnya di sebelah Bogor Junction, Toge Goreng Haji Omah menempati sebuah bangunan sederhana. Meski begitu, Toge Goreng Haji Omah tak pernah sepi pengunjung. Saat KompasTravel menyambangi Toge Goreng Haji Omah, ada saja pengunjung yang makan di tempat atau minta dibungkus.
Dari tempat makan, pengunjung dapat melihat proses pembuatan toge goreng. Hal yang menarik perhatian dari proses pembuatan adalah pemakaian daun untuk membungkus toge dan tungku memasak yang menggunakan kayu bakar.

Soal rasa, Toge Goreng Haji Omah memiliki ciri khas yang berasal dari saus tauco yang dibuat sendiri. Tekstur tauconya cenderung kental, namun tak ada bau menyengat khas tauco. Ada sensasi rasa pedas dari rasa saus tauco tersebut. Selain saus tauco, toge yang digunakan juga berukuran besar sehingga menciptakan tekstur renyah saat dikunyah. Tahu kuning dengan tekstur sangat lembut menjadi topping pelengkap lainnya.
Toge Goreng Haji Omah patut dicoba jika berkunjung ke Bogor, meskipun Anda bukan penggemar hidangan toge goreng atau tauco. Sebab, rasanya cenderung berbeda dengan toge goreng kebanyakan.

Advertisements